Polije Bantu Tingkatkan Pelayanan Relawan Pajak di TEFA Tax Center

Tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Jember saat menyalurkan bantuan alat penunjang  pelayanan relawan pajak di TEFA Tax Center Kampus. (Jumat, 11/8/2023). (Foto : dok istimewa/wartanusa).

JEMBER РPoliteknik Negeri Jember (Polije) terus meningkatkan program pengabdian kepada masyarakat.  Fokus dari kegiatan pengabdian pada tahun 2023 ini ialah mengembangkan Teaching Factory (TEFA). Salah satu TEFA yang ada di Polije yang menjadi sasaran program pengabdian kepada masyarakat kali ini adalah TEFA Tax Center. Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dilaksanakan pada, Jumat (11/8/2023).

Tax Center merupakan kepanjangan tangan dari Dirjen Pajak dan KPP Pratama. Tugas utama dari Tax Center adalah melakukan pendampingan dalam pengisian SPT serta melakukan edukasi dan sosialisasi perpajakan kepada masyarakat.

Penyerahan alat dari tim pelaksana pengabdian masyarakat Politeknik Negeri Jember kepada relawan TEFA Tax Center. (Jumat, 11/8/2023). (Foto : dok istimewa/wartanusa).

Tax Center di Polije baru berdiri pada akhir tahun 2022. Hal ini mengisyaratkan adanya berbagai aspek yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan pelayanan, antara lain terkait fasilitas sarana prasarana dalam menunjang sosialisasi ke masyarakat.

Oleh karena itu, tim pelaksana pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Oryza Ardhiarisca dengan beberapa anggotanya, yakni Rahma Rina Wijayanti, Dia Bitari Mei Yuana, Avisenna Harkat serta dua orang mahasiswa, yaitu Devtian Putera Perdana dan Yuli Rahmawati. Tim tersebut menyerahkan alat berupa proyektor dan speaker yang berguna dalam kegiatan sosialisasi perpajakan terhadap wajib pajak. Alat tersebut diterima langsung oleh Ketua Tax Center Polije, Dessy Putri Andini dan disaksikan oleh ketua Relawan Pajak mahasiswa, Adi Kurniawan.

Pelatihan kompetensi oleh tim pelaksana pengabdian masyarakat Politeknik Negeri Jember kepada mahasiswa relawan pajak di TEFA Tax Center. (Sabtu, 19/8/2023) (Foto : dok istimewa/wartanusa)

Selain kegiatan tersebut, Tim Pelaksana pengabdian juga melakukan pelatihan guna meningkatkan kompetensi relawan pajak. Pelatihan tersebut dilaksankan pada Sabtu, 19 Agustus 2023 dan dihadiri oleh 34 relawan pajak. Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua Tax Center Polije.

Beliau menyebutkan dalam sambutanya agar para relawan pajak dapat menyimpan materi yang disampaikan pada pelatihan ini karena dapat menunjang pelayanan relawan pajak di Tax Center Polije.

Kegiatan terakhir yang dilakukan adalah pembuatan publikasi di media sosial. Tim Pelaksanan dan relawan pajak Tax Center Polije telah membuat konten video terkait Tax Center Polije yang telah diunggah di media sosial instagram “taxcenter_polije”.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan publikasi media sosial Tax Center Polije sehingga masyarakat umum, khususnya wajib pajak yang ada di Polije dapat mengetahui informasi terkait eksistensi dan fungsi Tax Center.

“Target yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah relawan pajak Tax Center Polije dapat meningkatkan kompetensinya, sehingga berujung kepada pelayanan yang lebih baik terhadap wajib pajak,” tutur Oryza.

Ia juga menambahkan bahwa peningkatan layanan tersebut tentunya didukung pula oleh adanya sarana prasarana yang memadai. Tak lupa peran publikasi media sosial perlu untuk terus digalakkan guna membranding Tax Center Polije kepada khalayak umum. (nata/red)